Peringatan Dini BMKG: 5 Daerah Aceh Berstatus Siaga Banjir Dipicu Hujan Deras
Arsip - Warga duduk di kursi di depan rumahnya yang terendam banjir di Desa Tanjong Tgk Ali, Matang Kuli, Aceh Utara, Aceh, Rabu (6/9/2023). (ANTARA FOTO/Rahmad)

Bagikan:

BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut lima kabupaten di Provinsi Aceh berstatus siaga banjir yang dipicu curah hujan dengan intensitas tinggi,  setelah wilayah provinsi paling barat Indonesia itu mulai memasuki musim penghujan.

Prakirawan BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Nofrida Handayani Sodik mengatakan dari 23 kabupaten/kota di Aceh, lima di antaranya berstatus siaga banjir dalam beberapa hari ke depan yakni Aceh Tamiang, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, dan Aceh Tengah.

“Ada (daerah siaga banjir), untuk hari ini di wilayah Aceh Tengah dan Aceh Singkil,” kata Nofrida dilansir ANTARA, Senin, 16 Oktober.

Sementara kabupaten/kota lain di provinsi berjulukan Tanah Rencong itu berstatus waspada terhadap potensi banjir, tanah longsor, dan bencana hidrometeorologi lain dalam beberapa hari ke depan.  

Nofrida menjelaskan saat ini Aceh sudah memasuki musim penghujan. BMKG memperkirakan, normalnya puncak musim hujan pada Desember-Februari, setelah itu mulai memasuki musim peralihan.  

Untuk beberapa hari ke depan, lanjut dia, prakiraan cuaca wilayah Aceh umumnya cerah berawan, namun terdapat potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan petir yang cukup merata di beberapa wilayah Aceh.

Sebab itu, BMKG meminta apabila terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang, maka masyarakat untuk menjauh dari daerah seperti sungai, pantai, danau, waduk dan lainnya. Dan juga menghindar dari tanah rawan longsor serta pohon yang rawan tumbang.

“Imbauan untuk masyarakat Aceh diharapkan untuk selalu berhati-hati saat beraktivitas di luar ruangan khususnya saat berkendara dalam keadaan hujan di wilayah-wilayah yang terdapat potensi cuaca buruk,” ujarnya.

Di samping itu, BMKG juga mengingat potensi gelombang laut yang mencapai 4 meter di perairan Aceh, terutama di wilayah perairan Samudera Hindia Barat Aceh yang mencapai empat meter.

Sementara untuk perairan penyeberangan Banda Aceh - Sabang diprakirakan tinggi gelombang laut dengan kategori rendah yaitu 0,5 - 1,25 meter. Untuk kecepatan angin di Aceh dalam beberapa hari ini rata-rata 10-30 kilometer per jam dari arah Barat Daya ke Utara.

“Kami juga mengingatkan kepada penyedia jasa penyeberangan dan nelayan agar tidak memaksakan untuk berlayar maupun melaut apabila terjadi gelombang tinggi,” ujarnya.