Damkar Bintan Timur Evakuasi Ular Piton 4 Meter yang Masuk Permukiman Warga
Petugas UPTD Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepri, mengevakuasi ular piton empat meter masuk ke belakang rumah warga di belakang rumah warga setempat, Senin (2/10/2023) (ANTARA/HO-BPBD Bintan Timur)

Bagikan:

BINTAN - UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Bintan Timur, Kepulauan Riau (Kepri), mengevakuasi seekor ular piton sepanjang empat meter yang masuk di permukiman warga setempat.

Kepala UPTD Damkar Bintan Timur, Nurwendi, mengatakan pihaknya mendapat laporan warga, bahwa seekor ular piton ditemukan di belakang rumah warga bernama Rasno di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

"Setelah dapat laporan, tim piket jaga UPTD Damkar Bintan Timur langsung turun ke lokasi kejadian guna mengevakuasi ular piton itu," kata Nurwendi  dikutip ANTARA, Senin, 2 Oktober.

Butuh waktu sekitar setengah jam bagi timnya yang berjumlah sekitar tiga orang itu untuk mengevakuasi seekor ular piton dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Ular piton ini tidak melakukan perlawanan saat diangkat, karena sudah terlalu kenyang memangsa sejumlah ternak ayam milik warga, kata Rasno.

"Setelah berhasil dievakuasi. Ular ini langsung dibawa ke pos damkar, lalu dilepasliarkan ke habitat aslinya, tapi di alam berbeda dari lokasi awal ular itu ditemukan," ujar Nurwendi.

Nurwendi menduga ular piton tersebut keluar dari alam hutan di sekitarnya karena ingin mencari makan hingga tempat tinggal yang lebih aman dan nyaman.

Sepanjang September 2023, pihaknya sudah mengevakuasi tiga ekor ular piton masuk ke permukiman warga.

"Sekarang sedang musim pancaroba, sehingga ular keluar dari habitatnya, jadi warga harus tetap waspada," ujarnya.