Isi Pertemuan Prabowo dan PSI, Akui Ada Chemistry Soal Pandangan
Pertemuan Prabowo dan Gerindra (foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Prabowo Subianto, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, melakukan kunjungan ke kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/8). Dari hasil pertemuan para elite kedua partai tersebut, Prabowo mengungkapkan ada kecocokan. Lantas apa isi pertemuan Prabowo dan PSI?

Prabowo Subianto tiba di markas DPP PSI pada pukul 16.55 WIB, disambut oleh Giring Ganesha dan sejumlah elite PSI lain. Prabowo datang ditemani oleh sejumlah petinggi Gerindra, seperti Habiburokhman (Waketum Partai Gerindra) dan Ahmad Riza Patria (Ketua DPP Gerindra DKI jakarta).

Giring Ganesha selaku Ketum PSI menyambut baik kedatangan Prabowo Subianto dan anak buahnya. Lantas apa isi pertemuan Prabowo dan PSI?

Isi Pertemuan Prabowo dan PSI

Habiburokhman, Waketum Partai Gerindra, membeberkan isi pertemuan Prabowo dan PSI. Habiburokhman mengungkapkan ada chemistry yang terbangun dalam pertemuan di kantor DPP PSI. 

Habiburokhman mengatakan bahwa para pengurus PSI menyimak setiap gagasan yang disampaikan Prabowo dalam pertemuan tersebut. Namun Wakil Ketua Komisi III DPR tersebut tidak tahu pertemuan tersebut bakal berujung seperti. Tapi yang jelas ia mengatakan bahwa Partai Gerindra ingin mengajak banyak pihak untuk kerja sama. 

Prabowo Subianto juga menyatakan sangat senang karena sudah diundang oleh PSI untuk melakukan kunjungan. Ia mengaku tidak melihat besar-kecilnya partai yang mengundangnya untuk bertemu, sekalipun yang tidak punya kursi di parlemen seperti PSI. Sebelumnya memang Prabowo mendapat undangan dari PSI untuk datang ke kantornya. 

“Saya juga sangat gembira diundang. Dan bagi saya bukan soal besar kecil, tapi idealisme. Saya lihat PSI terdiri dari anak-anak muda yang idealis, tapi juga punya cita-cita yang tinggi dan punya komitmen kepada persatuan bangsa," kata Prabowo Subianto di Kantor DPP PSI, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Prabowo juga mengungkapkan adanya kecocokan dengan PSI. Prabowo mengatakan ketika ia menyampaikan pandangan atau gagasannya, banyak kecocokan dengan partai yang diketuai oleh Giring Ganesha tersebut 

"Saya menyampaikan pandangan-pandangan saya. Yang saya lihat banyak kecocokan, banyak kecocokan," kata Prabowo.

Siapa Capres yang Didukung PSI?

PSI pernah menyampaikan dukungan kepada Ganjar Pranowo untuk perhelatan Pilpres 2024. PSI sudah mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar sejak Oktober 2022 lalu. Bahkan pernyataan tersebut diumumkan jauh sebelum Gubernur Jawa Tengah ini diusung sebagai Capres oleh PDIP. 

Grace Natalie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, mengatakan keputusan tersebut diambil dari hasil rembuk rakyat atau penjaringan nama capres yang dilakukan sejak akhir Februari 2022. 

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," ucap Grace Natalie dalam konferensi pers, Senin (3/10/2022).

Namun sampai saat ini PSI masih belum diterima oleh PDIP sebagai partai pengusung. Pada Mei lalu, Giring Ganesha justru mengatakan partainya belum secara resmi mendukung Ganjar Pranowo. Giring mengatakan PSI masih menunggu arahan dari Presiden Jokowi. Grace juga mengatakan bahwa PSI akan mengikuti arahan Presiden untuk perhelatan 2024 mendatang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.