Anak Orang Utan Betina Ditinggal Induk di Kebun Warga Riau Dievakuasi Petugas Penyuluh
Seekor anak orang utan yang terlantar ditinggal induknya. (dok.Antara)

Bagikan:

RIAU - Petugas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PSKM) mengevakuasi seekor anak orang utan berjenis kelamin betina dari kebun warga di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

PSKM Indragiri Hilir, Sutino mengatakan anak orang utan itu ditinggal induk dalam kondisi lemah.

"Orang utan semula berkeliaran di kebun warga sejak sepekan terakhir. Saat itu, ada induk dan anaknya yang masih berusia 6 tahun jumpa saat berkeliling minggu lalu di kebun warga di Kabupaten Indragiri Hilir," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis 20 Juli, disitat Antara.

Ia mengatakan, setelah sepekan dipantau terlihat orang utan hanya tinggal satu ekor saja. Orang utan tersebut berjenis kelamin betina dan usia masih muda diduga ditinggal induknya di kebun warga.

Berdasarkan pantauan, lokasi anak orang utan yang ditemukan itu berada di kebun dekat dengan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Lokasi anak orang utan ditemukan tersebut itu berbatasan dengan Riau dan Provinsi Jambi. Induknya kemarin sudah tak ada, tinggal anaknya saja," katanya.

Berikutnya petugas mengambil tindakan dengan mengevakuasi anak orang utan itu karena terlihat kondisi sangat lemah dan butuh penanganan tim medis.

Selanjutnya bersama jajaran TNI, Polri dan Frankfrurt Zoological Society (FZS) satwa dilindungi itu dibawa ke lokasi penangkaran oleh tim untuk menjalani perawatan dan diberi makan.

"Sementara dibawa ke penangkaran dulu, dirawat dan diberikan pelayanan kesehatan oleh tim dan setelah pulih tentu akan segera dilepas liar lagi ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, di Kabupaten Inhil," tandasnya.