Potensi Tinggi Karhutla di Kawasan Bandara Syamsudin Noor, BPBD Kalsel Terapkan Penjagaan <i>Nyaris</i> 24 Jam
Karhutla berjarak radius sekitar 1 kilometer dari wilayah Bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Kalsel pada 3 Juni 2023. (Antara-Tumpal A A)

Bagikan:

KALSEL - BPBD Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkatkan pengawasan potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Bandara Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kalsel Ricky Ferdyanto mengatakan, priorotas pengawasan itu mengingat memasuki musim kemarau dan kawasan bandara di Kalsel ini rawan karhutla.

"Untuk wilayah prioritas, seperti Kota Banjarbaru, dilakukan pembukaan pintu air saluran irigasi untuk pembahasan lahan gambut di Ring 1 (daerah rawan kebakaran), area sekitar bandara," katanya di Banjarbaru, Kalsel, Senin 5 Juni, disitat Antara.

Dia menuturkan, lahan gambut di daerah Ring 1 berjarak sekitar 5 kilometer dari Bandara Syamsudin Noor.

Area tersebut, lanjut dia, terus diawasi secara berkala.  Ricky mengatakan pihaknya menerapkan penjagaan dengan menempatkan petugas dari pukul 08.00 hingga 18.00 Wita. Pada malam hari, pihaknya melakukan penjagaan di Posko Induk BPBD Kalsel.

Ricky bilang, tim satgas BPBD Kalsel pada hari ini melakukan patroli di tiga lokasi, yakni Danau Cermin, Liang Anggang, dan Gunung Kupang.

Karhutla di Kalsel dalam kurun waktu 1 bulan terakhir, lanjut dia, telah melanda hutan dan lahan dengan perkiraan luas hingga 80 hektare.

Ia menyebutkan kebakaran hutan sekitar 9 hektare dan kebakaran lahan sekitar 71 hektare. Paling luas di Kabupaten Tanah Laut sekitar 39 hektare

Kebakaran terluas kedua di Kota Banjarbaru sekitar 31 hektare, kemudian terluas ketiga di Kabupaten Banjar mencapai 9 hektare. Sementara itu, daerah lain, luas lahan yang terbakar tidak melebih 1 hektare.

Sebelumnya, Ricky menyebutkan wilayah terluas yang dilanda karhutla ada di Ring 1, yakni di area Bandara Syamsudin Noor Kota Banjarbaru.

Menurut Ricky, situasi lapangan di Kabupaten Tanah Laut lebih sulit. Jika terjadi kebakaran, biasanya membutuhkan waktu relatif lama daripada wilayah lain.

Terkait dengan kendala penanganan karhutla di Kabupaten Tanah Laut, BPBD Kalsel sedang menunggu hasil pengajuan permohonan bantuan berupa helikopter water bombing dari BNPB Pusat.

Dikatakan pula bahwa helikopter tersebut sebagai solusi penanganan kebakaran di wilayah yang jalurnya sulit dilalui.