Kunjungan Menteri Israel ke Al Aqsa Dapat Kecaman Internasional, 7 Negara Muslim Ini Protes Keras
Masjid Al Aqsa (Foto: UNSPLASH/Raimond Klavins)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al Aqsa mendapat kencaman internasional. Sejumlah negara muslim seperti Iran dan Turki melayangkan protes keras setelah Menteri keamanan Nasional Israel, Itamar Ben Gvir melawat ke Yerussalem pada pekan lalu.

Disadur dari Fars News, Selasa, 23 Mei 2023, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kana’ani mencela tindakan provokatif Ben Gvir. Iran meminta komunitas internasional dan negara-negara Islam segera memberi tanggapan atas aksi Ben Gvir.

"Situs suci Al Aqsa adalah, dan akan tetap menjadi ibu kota Palestina yang terintegrasi dan abadi," ujar Kana’ani.

Dia menambahkan, pelanggaran berulang dari pemerintah Israel tidak akan mengubah realitas dan sejarah Al Quds.

Kementerian Arab Saudi juga mengutuk keras kunjungan Ben Gvir di Kompleks Al Aqsa.

Senada dengan Iran, Arab Saudi juga melayangkan protes keras atas kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel ke kompleks Al Aqsa.

Mengutib Arab News, Arab Saudi mengatakan tindakan tersebut membuat pasukan Israel bertanggung jawab penuh dampak kelanjut aksi Ben Gvir.

Negara Muslim yang Mengecam Kunjungan Menteri Israel ke Al Aqsa

Selain Iran dan Arab Saudi, berikut beberapa negara muslim yang turut mengecam kunjungan menteri Israel ke Al-Aqsa:

  1. Bahrain

Kementerian Luar Negeri Bahrain menyebut kunjungan Ben Gvir ke Al Aqsa sebagai kekerasan serius terhadap hukum internasional dan memicu provokasi umat muslim.

  1. Yordania

Pemerintah Yordania juga mengeluarkan pernyataan keras atas kunjungan Menteri keamanan Nasional Israel ke Al-Quds.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania, Sinan Majali menyebut kunjungan Ben Gvir sebagai eskalasi berbahaya yang tidak dapat diterima.

"Ini adalah langkah provokasi yang dikecam dan eskalasi berbahaya dan tidak dapat diterima," ujar Majali, disadur dari TRT World.

Dia menyebut kunjungan Ben Gvir sebagai pelanggaran terhadap hukum internasional dan status quo sejarah serta hukum di Yerussalem.

  1. Qatar

Pemerintah Qatar juga turut mengecam aksi kunjungan Itamar Ben Gvir. Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan kunjungan itu dapat merusak status agama dan sejarah Masjid Al Aqsa.

“Bukan hanya serangan terhadap warga Palestina tetapi juga terhadap jutaan umat Islam di seluruh dunia," demikian bunyi pernyataan resmi Kemlu Qatar.

  1. Turki

Kementerian Luar Negeri Turki menyebut Itamar Ben Gvir telah melanggar hukum internasional.

"Penyerbuan Al Haram AL-Sharif pada 21 Mei oleh Menteri Keamanan Nasional Israel di bawah perlindungan pasukan keamanan Israel yang jelas melanggar hukum internasional," demikian pernyataan Turki, menyitat Middle East Monitor.

  1. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab (UEA) juga mengutuk keras kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel itu.

"UEA mengutuk keras penyerbuan Al Aqsa oleh Menteri Keamanan Israel, Itamar Ben Gvir, di bawah perlindungan polisi," demikian pernyataan resmi Kemlu UEA.

Demikian informasi tentang negara-negara yang mengecam kunjungan menteri Israel ke Al-Aqsa. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.