Melihat Progres Pembangunan IKN di Tengah Tahun Politik, Apakah Berjalan Sesuai Rencana?
Ilustrasi progres pembangunan IKN (Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Peruamahan Rayat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkap progres pembangunan IKN.

Dikatakan Basuki, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terus berjalan sesuai rencana pemerintah, kendati Indonesia bakal menggelar Pemilu pada 2024 mendatang.

 “Lanjut, bagi saya tak ada urusan,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 28 Apri 2023, dikutip dari Antara.

Lantas, bagaimana progres pembangunan IKN Nusantara? Simak informasi selengkapnya berikut ini

Progres Pembangunan IKN

Menteri Basuki menegaskan, pembangunan Ibu Kota Nusantara masih terus berlangsung hingga saat ini.

Dia mengungkapkan, progress pembangunan IKN memasuki tahap pembangunan fisik sejumlah infrastruktur dan kantor pemerintahan.

Kendati belum ada investor yang masuk, pemerintah tetap meyakinkan pemodal bahwa pembangungan ‘kota masa depan’ di Kalimantan Timur terus bergulir.

“Dari dulu gitu kan, tapi tetap kita yakinkan saja. Memang sudah ada beberapa yang katanya masuk Letter of Intent (LoI),” ucap dia.

Basuki juga sudah menindaklanjuti keinginan investor melalui koordinasi dengan Otorita IKN.

“Lewat saya sudah beberapa 'LoI' kita serahkan ke Otorita,” ujarnya.

Menteri PUPR menuturkan, pemerintah sudah mempunyai landasan hukum UU IKN beserta seluruh aturan turunan. Oleh sebab itu, investor diharapkan tidak ragu dengan keberlanjutan pembangunan IKN.

Kementerian PUPR telah merilis peta resmi rencana detail tata ruang (RDTR) dan tata guna lahan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam peta tersebut, turut dijabarkan penampakan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) di IKN dengan luas 6.600 hektare.

Hingga awal April 2023, progres pembangunan fisik di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, telah mencapai 25 persen.

Kementerian PUPR saai ini sedang membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seperti kantor presiden, istana presiden, kantor untuk empat menteri koordinator, kompleks perumahan menteri, jalan tol, jalan arteri, bendungan, sumbu kebangsaan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), instalasi pengolahan sampah, instalasi pengolahan air minum, dan infrastruktur lainnya.

Pemerintah menargetkan pada Agustus 2024, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dapat dilaksanakan di IKN.

Pembangunan IKN Libatkan Kontraktor Lokal

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan IKN di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, melibatkan perusahaan kontruksi lokal.

Hal ini dapat dilihat dari kerja sama atau kemitraan yang dijalin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemimpin operasi pembangunan IKN.

Semua kendaraaan berat yang digunakan dalam pembangunan IKN, merupakan milik pengusaha yang ada di Provinsi Kalimantan Timur.

"BUMN yang terlibat dalam pembangunan IKN jalin kerja sama dengan pelaku usaha dan perusahaan konstruksi lokal sebagai sub kontraktor," ungkap Basuki pada Kamis, 27 April 2023.

"Tetap ada KSO (kerja sama operasional) antara BUMN dan swasta, dan bisa dilihat truk dan kendaraan lainnya yang terlibat pembangunan IKN semua gunakan pelat nomor kendaraan KT (Kalimantan Timur)," sambung Basuki.

Dalam pembangunan IKN Indonesia baru, BUMN juga menjalin kemitraan skala kecil dengan pelaku usaha lokal seperti untuk pemenuhan logistik dan pangan pekerja konstruksi.

UMKM (usaha mikro kecil menengah) lokal yang ada di Kalimantan Timur diberi kesempatan untuk menyediakan kebutuhan logistik dan pangan pekerja pembangunan infrastruktur IKN Indonesia baru.

“Seperti katering lokal diajak kerja sama dan untuk membeli sayuran, beras, lauk dan lainnya juga dari lokal," ucapnya.

Keterlibatan pelaku usaha dan kontraktor lokal dalam pembangunan IKN Indonesia baru bakal membuka lapangan kerja baru sekaligus meningkatkan kesejahteraan.

Demikian informasi tentang progres pembangunan IKN di tengah tahun politik. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.