Pendemo Lempar Telur dan Lepaskan Tikus ke Gedung KPK Gegara Polemik Firli Bahuri
Pendemo Gedung KPK melepas tikus putih sebagai bentuk protes terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Besar Komunitas Aktivis Muda Indonesia melakukan unjuk rasa di Gedung Merah Putih KPK pada hari ini, Selasa, 11 April. Mereka melempari telur dan melepas tikus putih sebagai bentuk protes terhadap Ketua KPK Firli Bahuri.

Momen pelemparan telur dan melepas tikus putih ini terjadi saat pedemo tiba di kantor komisi antirasuah. Bahkan, suasana sempat memanas saat orator meminta para pedemo masuk tapi dihalangi petugas kepolisian.

"Ini gedung rakyat, bukan gedung Firli, masuk," teriak orator di Depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 11 April.

Saling dorong antara pedemo dengan petugas berjaga pun terjadi. Pihak kepolisian sempat menghalau dengan tameng anti huru-hara.

Setelah saling dorong, pedemo akhirnya melepas tikus di gedung tersebut. Tikus berwarna putih itu kemudian masuk ke ruang tunggu depan meja resepsionis.

Sementara telur yang dilemparkan mengenai bagian kaca depan kantor dan sebagian mengotori seragam polisi yang berjaga. Para pedemo ini juga menyalakan flare dan mereka kebanyakan menggunakan baju oranye bertuliskan 'Firli Tahanan Rakyat'.

Sebagai informasi, publik belakangan menyoroti beberapa hal yang berkaitan dengan kerja komisi antirasuah. Salah satunya, dugaan bocornya berkas penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian ESDM yang disebut melibatkan Ketua KPK Firli Bahuri.

Kebocoran ini ramai setelah dilakukan penggeledahan di kantor Kementerian ESDM pada 27 Maret lalu. Berdasarkan informasi beredar, berkas bocor itu berisi nama tersangka hingga pasal yang disangkakan.

Tak hanya itu, KPK jadi perhatian karena ngotot mengembalikan Direktur Penyelidikan Brigjen Endar Priantoro ke Polri. Meski Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tetap meminta anak buahnya menduduki jabatannya tapi komisi antirasuah tetap memberhentikan Endar pada 31 Maret lalu.