Mudik Lebaran 2023, Tiga Tol Terapkan Diskon 20 Persen dan Ini Daftarnya
Ruas Jalan Tol Cikampek (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut bakal ada potongan harga atau diskon tarif tol di tiga Gerbang Tol (GT) saat momen Lebaran 2023. Besarnya mencapai 20 persen.

"Saya baru mendapatkan suratnya untuk diskon di tol," ujar Basuki kepada wartawan, Kamis, 6 April.

Tiga GT yang memberlakukan diskon antara lain, Jakarta-Cikampek, Cikampek Utama, dan Kalihurip. Kemungkinan akan ada penambahan, sebab masih menunggu usulan dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

Penerapan diskon hanya dua hari saat arus mudik dan balik. Rinciannya, 16-17 April dan 27-28 April 2023.

"Jadi baru itu yang baru dapat usulan. Jadi yang diusulkan oleh ATI untuk diskon tarif tol di ruas Tol Cikampek ini masih menunggu. Mudah-mudahan di ruas lain juga ada diskonnya," ungkapnya.

Alasan di balik penerapan diskon itu guna menarik minat masyarkat untuk mudik lebih awal. Sehingga, tak terjadi penumpukan kendaraan saat mendekati Hari Raya Idulfirti atau Lebaran 2023.

"Justru diskonnya didahulukan supaya nyebar orang, jadi misalnya orang tanggal 19 mulai libur ini jadi dimajukan. Jadi untuk mengurai kemacetan," kata Basuki.

Sebagai informasi, Polri memprediksi puncak mudik Lebaran 2023 akan terjadi dalam dua kali kesempatan. Penyebabnya keputusan pemerintah yang memajukan waktu cuti bersama terkait Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri cuti bersama Lebaran ditetapkan pada 19 hingga 25 April 2023.

"Ada dua kali perkiraan (puncak) mudik karena untuk cuti dimajukan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho.

Untuk puncak arus mudik pertama diprediksi terjadi di awal cuti bersama atau 19 April. Kemudian yang kedua pada 21 April atau H-2 Lebaran.

"Diperkirakan nanti untuk menjadi puncak mudik tanggal 19 sampai dengan tanggal 21 April," ungkapnya.