Presiden Putin Anugerahkan Penghargaan Tertinggi Rusia untuk Aktor Hollywood Steven Seagal
Presiden Putin bersama Steven Seagal (Sumber: Kremlin)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin menganugerahkan penghargaan tertinggi negara kepada aktor Hollywood Steven Seagal, sebagai apresiasi atas kerja kemanusiaan dan budaya internasionalnya, demikian sebuah dekret pemerintah yang diterbitkan pada Hari Senin.

Keputusan tersebut mengatakan, bintang film laga berusia 70 tahun yang antara lain membintangi "Under Siege" itu telah dianugerahi Orde Persahabatan Rusia, seperti melansir Reuters 28 Februari. Tidak ada reaksi langsung dari Seagal.

Keputusan tersebut menyebutkan, Seagal bekerja sebagai perwakilan khusus Kementerian Luar Negeri Rusia untuk hubungan kemanusiaan dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Aktor dan praktisi seni bela diri kelahiran AS ini telah lama mengagumi Presiden Putin, di mana ia menerima paspor Rusia secara pribadi langsung dari Pemimpin Kremlin pada tahun 2016.

Seagal, yang sering berkunjung ke Rusia, mendukung aneksasi Moskow atas wilayah Krimea Ukraina pada 2014 sebagai hal yang "sangat masuk akal", mengunjungi wilayah Ukraina timur yang dikuasai Rusia pada musim panas lalu, di mana ia bertemu dengan seorang pemimpin separatis yang didukung Rusia.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengunjungi pusat penahanan Olenivka yang hancur, tempat puluhan tawanan perang Ukraina dilaporkan terbunuh dalam sebuah serangan, seperti mengutip New York Post.

Ukraina dan Moskow saling menyalahkan satu sama lain atas serangan mematikan terhadap fasilitas tersebut pada Bulan Juli lalu.

Mengutip CNN, ia berbicara tentang ancaman eksistensial terhadap Rusia dari Ukraina dalam sebuah wawancara di televisi Rusia tahun lalu.

Diketahui, Ukraina pada tahun 2017 melarang Seagal masuk ke negara itu selama lima tahun dengan alasan keamanan nasional.