Kasus Korupsi Wastafel Disdik Rp45,4 Miliar, 317 Saksi Diperiksa Polda Aceh
DOKUMENTASI FOTO/Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Winardy/ANTARA

Bagikan:

BANDA ACEH - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh memeriksa sebanyak 317 orang saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi pengadaan wastafel atau tempat cuci tangan di Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dengan nilai anggaran Rp45,4 miliar.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan pengusutan kasus tersebut sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan. Namun, penyidik belum menetapkan tersangkanya.

"Dalam pengusutan, penyidik sudah memeriksa 317 saksi. Saksi tersebut terdiri atas Dinas Pendidikan, pemilik perusahaan dan peminjam perusahaan yang melaksanakan pekerjaan, termasuk konsultan," kata Winardy dilansir ANTARA, Senin, 13 Februari.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Aceh itu mengatakan dari 317 saksi tersebut, terdiri 10 orang dari Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, 213 orang pemilik perusahaan, dan 23 orang peminjam perusahaan.

Kemudian, 37 orang konsultan pengawas, enam orang dari Tim Anggaran Pemerintah Aceh, serta 22 orang saksi-saksi lainnya. Penyidik juga meminta keterangan ahli dari LKPP dan akademisi Politeknik Lhokseumawe.

"Pengadaan wastafel tersebut dilakukan dengan cara mencegah pekerjaan untuk menghindari tender. Dari total anggaran Rp45,4 miliar, dipecah menjadi 390 kontrak kerja," katanya.

Penyidik bersama ahli dari Politeknik Lhokseumawe juga memeriksa dan meneliti 300 dari 390 kontrak kerja. Dari pemeriksaan tersebut, penyidik menemukan ada pekerjaan fiktif dan tidak sesuai spesifikasi.

"Selain dokumen pekerjaan, penyidik juga menyita sejumlah uang mencapai Rp571,7 juta. Uang yang disita tersebut Rp285 juta dari Dinas Pendidikan, Rp238,8 juta dari perusahaan rekanan, dan Rp47,9 juta dari konsultan pengawas," kata Winardy.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan Aceh pada tahun anggaran 2022 melakukan pengadaan 390 paket tempat cuci tangan atau wastafel portabel dengan nilai Rp45,4 miliar.

Anggaran pengadaan wastafel tersebut bersumber dari dana refocusing COVID-19. Wastafel tersebut diperuntukkan kepada sekolah menengah atas dan kejuruan di seluruh Provinsi Aceh.

Mekanisme penentuan pemenang proyek pengadaan tersebut dilakukan dengan sistem pengadaan langsung. Masing-masing paket pengadaan berkisar Rp100 juta hingga Rp200 juta.