Putri Candrawathi Ikut Bantu Hilangkan Sidik Jari Ferdy Sambo di Dompet Brigadir J
Terdakwa Putri Candrawathi (Irfan Meidianto-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bharada Richard Eliezer menyebut Putri Candrawathi tak hanya memberi perintah membersihkan alat bukti pembunuhan berencana Norpansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Putri juga disebut membantu menghilangkan sidik jari Ferdy Sambo.

Bharada E itu menceritakan bila Putri memerintahkannya dan Kuat Ma'ruf serta Bripka Ricky Rizal untuk membersihkan barang-barang milik Brigadir J tak lama setelah penembakan terjadi.

Dalam proses pembersihan alat bukti, istri Ferdy Sambo itu memberikan sarung tangan. Kemudian, seluruh barang Brigadir J dibersihkan dengan disinfektan, hand sanitizer, dan tisu.

"Dikasih sarung tangan, kami semua sudah pakai, baru ada barang-barang yang di laundry, ada tas-tas, sandal, ada uang dalan tas, dompet, KTP, segala macam itu semua dibersihkan, jadi kami disuruh bersihkan," ujar Bharada E dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 13 Desember.

"Kata ibu PC mau hilangkan sidik jari pak FS (Ferdy Sambo), karena pak FS sempat periksa-periksa barang alamrhum," sambungnya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang mendengar pernyataan itu lantas meminta Bharada E menjelaskan siapa saja yang ikut membersihkan barang Brigadir J.

Saat itulah, Bharada E menyebut bila Putri Candrawathi ikut langsung membersihkan barang-barang untuk menghilangkan sidik jari suaminya.

"Siapa yang bersihkan?" tanya jaksa.

"Saya, ibu PC, Om Kuat, sama Ricky," jawab Bharada E

"Ibu PC ikut (membersihkan, red)?" tanya jaksa menegaskan.

"Ibu PC ikut, ibu PC kalau nggak salah, dompet sama tas. Saya Ricky, Kuat dan bu PC," kata Eliezer.

Pada persidangan sebelumnya, Bharada E juga sempat menyatakan hal serupa. Ia menyebut Putri Candrawathi memerintahkan untuk menghilangkan alat bukti, salah satunya sidik jari Ferdy Sambo.

Barang-barang Brigadir J disebut dibersihkan di lantai dua rumah Sagulung atau tepatnya di ruang kerja Ferdy Sambo.

"Itu kita disuruh pakai disinfektan dan hand sanitizer untuk membersihkan baju, barang-barang dia, dan dompet disuruh sama ibu. Kata ibu, bapak sempat memegang barang-barang almarhum jadi mau menghilangkan sidik jari pak FS," kata Bharada E.