NATO: Rudal Polandia dari Pertahanan Udara Ukraina Tapi Rusia Harus Tanggung Jawab
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (Foto laman resmi)

Bagikan:

JAKARTA - NATO mengakui kalau rudal yang meledak di bagian timur Polandia datang dari Ukraina. Tapi bagi NATO, Rusia tetap harus tanggung jawab.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menjelaskan, banyak negara yang sebenarnya masih terus lakukan penyelidikan dalam peristiwa yang tewaskan dua warga sipil itu. Namun NATO sudah punya kesimpulan awal.

NATO bilang, insiden itu kemungkinan disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina yang ditembakkan untuk mempertahankan dari serangan rudal jelajah Rusia.

"Tapi izinkan saya menjelaskan: ini bukan kesalahan Ukraina. Rusia memikul tanggung jawab utama karena melanjutkannya perang ilegal melawan Ukraina," ucap Stoltenberg dilansir dari laman resmi NATO, Rabu 16 November.

Serangan itu, kata Stoltenberg, dipastikan bukanlah sengaja. NATO juga tidak memiliki indikasi bahwa Rusia sedang mempersiapkan tindakan militer ofensif terhadap NATO.

Bagi mereka, NATO akan terus mendukung Ukraina dalam haknya untuk membela diri. Mereka juga menyampaikan belasungkawa terdalam atas hilangnya nyawa yang tragis dan mengungkapkan solidaritas kuat mereka dengan Polandia.

"Kami sepakat bahwa kami perlu tetap waspada, tenang dan terkoordinasi dengan erat. Kami akan terus berkonsultasi dan memantau situasi dengan sangat cermat. NATO bersatu dan kami akan selalu melakukan apa yang diperlukan untuk melindungi dan membela semua Sekutu," tutup Stoltenberg.