India Tunggu Informasi WHO tentang Hubungan Obat Batuk dengan Kematian Anak-anak di Gambia
Ilustrasi WHO. (Wikimedia Commons/United States Mission Geneva)

Bagikan:

JAKARTA - India sedang menunggu bukti Organisasi Kesehatan Dunia tentang hubungan antara sirup obat batuk buatan salah satu perusahaan di negara itu, dengan kematian puluhan anak di Gambia setelah badan PBB itu mengatakan obat tersebut dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kata dua pejabat India, Kamis.

Kematian 66 anak di negara Afrika barat tersebut mengagetkan India sebagai 'apotek dunia' yang menyuplai obat-obatan ke seluruh benua, terutama Afrika.

"Penyelidikan mendesak dalam masalah ini telah dilakukan, segera setelah menerima komunikasi dari WHO berdasarkan informasi yang tersedia," kata salah satu dari dua anggota staf kementerian kesehatan yang berbicara kepada Reuters atas nama kementerian, tetapi tidak mau disebutkan namanya. diidentifikasi, seperti dilansir 6 Oktober.

"Sementara semua langkah yang diperlukan akan diambil dalam masalah ini", India sedang menunggu laporan yang menetapkan "hubungan kausal dengan kematian dengan produk medis yang bersangkutan" dan rincian lainnya dari WHO.

Sebelumnya, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Hari Rabu mengatakan kepada wartawan, badan PBB tersebut sedang menyelidiki kematian akibat cedera ginjal akut, dengan regulator obat India dan produsen sirup obat batuk yang berbasis di New Delhi, Maiden Pharmaceuticals.

Badan kesehatan PBB memberi tahu Pengendali Narkoba India tentang kematian akhir bulan lalu, setelah regulator meluncurkan penyelidikan dengan otoritas negara, bersama-sama dengan WHO, kata dua sumber.

WHO mengatakan, analisis laboratorium sirup obat batuk Maiden telah mengonfirmasi jumlah dietilen glikol dan etilen glikol yang "tidak dapat diterima", yang dapat menjadi racun dan menyebabkan cedera ginjal akut.

Panggilan telepon ke nomor yang terdaftar untuk Maiden, yang meluncurkan operasinya pada November 1990, tidak dijawab seperti halnya permintaan komentar melalui email. Panggilan ke Drugs Controller General India juga tidak dijawab.

Maiden memproduksi dan mengekspor sirup hanya ke Gambia, kata sumber kementerian India. Maiden mengatakan di situsnya, mereka memiliki dua pabrik, di Kundli dan Panipat, keduanya dekat New Delhi di negara bagian Haryana, dan baru-baru ini mendirikan satu lagi.

Ini memiliki kapasitas produksi tahunan 2,2 juta botol sirup, 600 juta kapsul, 18 juta suntikan, 300.000 tabung salep dan 1,2 miliar tablet. Dikatakan menjual produknya di dalam negeri dan mengekspor ke negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Dua sumber kementerian kesehatan mengatakan, negara-negara pengimpor biasanya menguji produk tersebut sebelum mengizinkan penggunaannya.

WHO mengatakan produk Maiden, Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup dan Magrip N Cold Syrup, mungkin telah didistribusikan di tempat lain melalui pasar informal, tetapi hanya diidentifikasi di Gambia.