Iriana Jokowi dan OASE KIM Tanam Pohon Kesambi di Pulau Rinca
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) menanam pohon kesambi (Schleichera Oleosa) di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Manggarai Barat, NTT, Kamis (29/9). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Bagikan:

JAKARTA - Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menanam pohon kesambi di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saya bersama ibu-ibu OASE hari ini melihat komodo di Pulau Rinca. Hari ini tadi melihat ada tiga komodo, tapi hari ini tidak hanya melihat komodo saja, tapi juga menanam pohon kesambi,” kata Iriana usai penanaman pohon sebagaimana dikutip ANTARA dari keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Kamis, 29 September.

Kegiatan penanaman pohon tersebut dilakukan di Titik Pusat Informasi Niang Komodo, Loh Buaya, Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat.

Iriana juga berpesan agar seluruh pihak menjaga dan memelihara habitat dari komodo yang merupakan salah satu hewan endemik Indonesia.

“Saya berpesan semoga Pulau Rinca ini untuk selalu terpelihara dan juga menjaga lingkungan,” kata Iriana.

Sementara itu, istri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lilia Alue Dohong dalam kesempatan terpisah mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Iriana dan anggota OASE KIM dapat mendukung keberlangsungan hidup komodo.

“Tentu saja harapannya karena ini adalah pengayaan pakan, tentu saja maksudnya adalah agar bisa menjadi pakan bagi keberlangsungan komodo yang ada di Pulau Rinca,” ujar dia.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono menilai bahwa kegiatan penanaman pohon oleh Iriana dan OASE KIM merupakan upaya berkesinambungan dalam memulihkan lingkungan dan menjaga kelestarian komodo.

“Dengan adanya kegiatan hari ini, itu dapat bisa kita lihat bahwa kesinambungan dari sebuah pemulihan lingkungan. Itu juga terkait dengan keberadaan dari komodo ini yang harus dilindungi,” ujar dia.

Iriana bersama anggota OASE KIM tiba di Pulau Rinca, TNK, Kamis, setelah menempuh perjalanan laut dengan menggunakan kapal pinisi Ayana Lako Di’a sekitar dua jam dari Dermaga Marina Labuan Bajo.

Iriana bersama-sama dengan para anggota OASE KIM meninjau kawasan Pulau Rinca dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, Ibu Iriana dan para anggota OASE KIM juga melihat kondisi Pulau Rinca serta beberapa komodo yang ada di kawasan tersebut.

OASE KIM merupakan organisasi khusus gagasan Iriana dan Wury Estu Ma'ruf Amin, istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, serta disepakati oleh para pendamping menteri Kabinet Indonesia Maju.

OASE KIM dibentuk untuk turut mendukung dan berperan dalam mensukseskan program Kabinet Indonesia Maju sesuai dengan kapasitas sebagai para pendamping.