Seberangi Lautan ke Pulau Rinca, Kali Ini Ibu Negara Iriana Naik Pinisi Tanpa Jokowi
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Ibu Negara Iriana Jokowi diagendakan menanam pohon di Loh Buaya, Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis 29 September.

Iriana akan didampingi anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) berangkat menggunakan kapal pinisi Ayana Lako Di'a pukul 07.00 Wita menuju Pulau Rinca.

Penanaman pohon tersebut dilakukan di Titik Pusat Informasi Niang Komodo. Selain itu, Iriana dan rombongan juga akan meninjau Museum Pusat Informasi Niang Komodo, di Loh Buaya.

Pada Kamis 29 September siang, Iriana dan rombongan dijadwalkan kembali ke Labuan Bajo dengan menggunakan kapal pinisi serupa berangkat.

Setibanya di Dermaga Marina Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Iriana dan rombongan langsung menuju Bandara Internasional Komodo untuk kembali ke Jakarta.

Kedatangan Iriana kali ini ke Pulau Rinca tak didampingi sang suami, Presiden Joko Widodo, yang sedang kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Maluku Utara.

Pada Kamis 21 Juli, Iriana dan Jokowi sempat bersama-sama ke Pulau Rinca juga menaiki kapal pinisi. Kala itu, Presiden meresmikan penataan kawasan Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo.

Selanjutnya, Jokowi juga meresmikan penataan kawasan Marina-Labuan Bajo dan sistem pengelolaan sampah Warloka di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Marina, Labuan Bajo.

Adapun Iriana bersama anggota OASE KIM melakukan kunker di NTT sejak Rabu 28 September. Pada Rabu 28 September, mereka bertemu sapa dengan para pelajar taman kanak-kanak (TK) di sekitar Kabupaten Manggarai Barat.

OASE KIM diketahui merupakan organisasi khusus gagasan Iriana dan Wury Estu Handayani, istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Organisasi itu mendukung dan menyukseskan program Kabinet Indonesia Maju sesuai kapasitas mereka sebagai para pendamping.