Puan Maharani Soal Pertemuan dengan NasDem: Ini Pertama Tapi Kami Bersepakat Bukan yang Terakhir
Ketum NasDem Surya Paloh bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberikan keterangan pers/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan partainya terus melakukan penjajakan dengan Partai NasDem terkait kerja sama di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dia mengatakan pertemuan hari ini bukan yang terakhir.

"Ini adalah pertemuan yang pertama namun kami bersepakat bukan pertemuan yang terakhir," kata Puan dalam konferensi pers usai bertemu secara tertutup dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta, Senin, 22 Agustus.

Puan mengungkapkan pertemuan yang dilakukan secara tertutup itu berjalan hangat. "Saya disuguhi makanan yang enak sekali," kata Ketua DPR itu.

"Artinya, ini bukan cuma pertemuan antar partai politik, antara PDI Perjuangan dengan Partai NasDem tapi seorang senior, seorang orang tua, seorang oom yang menjamu keponakannya," sambung Puan.

Puan berharap ke depannya kerja sama antara dua partai politik ini bisa terbangun menjelang Pemilu 2024. Diharapkan PDIP dan NasDem bisa konkrit menjalankan cita-cita pendiri bangsa.

"Apa yang tadi dibicarakan tentu saja semata-mata bagaimana membangun Indonesia Raya yang sejatinya raya, artinya kapan kita akan bertanding, kapan bersanding," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan dirinya dan Puan Maharani punya kesamaan. Hal ini disampaikannya usai melaksanakan pertemuan secara tertutup selama dua jam.

"Saya dan Mbak Puan tadi mempunyai suatu pemikiran dan kesamaan dalam mengambil kesimpulan pertemuan ini sebagai pertemuan awal yang akan diharapkan untuk ditindaklanjuti dalam pertemuan berikutnya yang tidak terbatas untuk tahun ini saja," kata Paloh dalam konferensi pers usai pertemuan tertutup, Senin, 22 Agustus.

Paloh berharap Partai NasDem dan PDIP bisa bekerja sama dalam banyak hal. Apalagi, pertemuan antara dua partai ini berjalan dengan kegembiraan dan tak ada hal yang ditutupi.

"Kunjungan ini adalah kunjungan silaturahmi tapi tidak terbatas hanya sekadar bicara hal-hal suasana kekinian tapi juga menyangkut kemaslahatan yang lebih luas," ungkapnya.

"Dan ini amat sangat kami syukuri dengan penuh rasa kegembiraan hati, suasana pertemuan penuh keterbukaan, tidak ada yang ditutupi satu sama lain bahkan bisa saling memberikan pandangan, koreksi yang semuanya adalah dimaksudkan untuk saling memperkuat sinergitas yang sudah terjadi," sambung Surya Paloh.