Sejak H-7 Iduladha, Petugas Gabungan di Balangan Kalsel Wara-wiri Monitoring Hewan Kurban
Petugas gabungan di Balangan via Antara

Bagikan:

KALSEL - Petugas gabungan di Kabupaten Balangan melakukan memonitoring hewan kurban sepanjang sepekan jelang Iduladha 2022. Mereka melakukan pengecekan ternak untuk menghindari infeksi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Fungsional Medik Veteriner Madya drh Dewa Ayu Putu Asrinadi mengatakan, petugas gabungan itu terdiri dari unsur TNI-Polri, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Balangan.

"Kami tidak menyarankan hewan kurban untuk divaksin, namun pengobatan masih disarankan yaitu kira-kira satu minggu sebelum hari Raya Iduladha," katanya di Paringin, Kalimantan Selatan (Kalsel), dikutip dari Antara, Kamis 7 Juli

Selain itu, pihaknya menargetkan vaksinasi PMK di Balangan sebanyak 100 ekor sapi yang nanti akan pihaknya realisasikan dalam satu hari karena vaksin tersebut tidak bisa disimpan kembali.

Dia berharap, dengan adanya vaksinasi ini penyebaran PMK dapat dikendalikan dan muncul antibodi PMK serta ke depannya di Kabupaten Balangan bebas dari virus PMK.

Komandan Kodim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Aldin Hadi melalui Pjs Danramil Paringin Pelda Darma Kusuma, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam mencegah meluasnya wabah ternak PMK yang menyerang hewan ternak di beberapa daerah.

"Kami sangat mengapresiasi upaya jajaran bersama pihak terkait dalam melindungi ternak warga, khususnya di Kabupaten Balangan, dari bahaya penyebaran virus PMK ini," tuturnya.