Abaikan Ultimatum Rusia untuk Menyerah, Pasukan Ukraina Terus Pertahankan Sievierodonetsk
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat mengunjungi pasukannya di garis depat dekat Kota Sievierodonetsk. (Sumber: president.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Ukraina mengabaikan ultimatum Rusia untuk menyerahkan kota timur Sievierodonetsk pada Hari Rabu, sambil berjuang mempertahanan kota kembarannya Lysychansk.

Sievierodonetsk, kini mayoritas berupa reruntuhan, telah menjadi titik fokus perang. Hari Selasa, Rusia menyerukan kepada pasukan Ukraina yang bersembunyi di sebuah pabrik kimia di sana, untuk meletakkan senjata mereka mulai Rabu pagi saat mereka berjuang untuk menguasai Ukraina timur.

Ukraina mengatakan lebih dari 500 warga sipil, termasuk 40 anak-anak, tetap bersama tentara di dalam pabrik kimia Azot, berlindung dari pengeboman Rusia selama berminggu-minggu. Separatis yang didukung Rusia di daerah itu mengatakan, hingga 1.200 warga sipil mungkin berada di dalam.

Walikota Sievierodonetsk, Oleksandr Stryuk, mengatakan pasukan Rusia berusaha menyerbu kota dari beberapa arah, tetapi Ukraina terus mempertahankannya dan tidak sepenuhnya terputus, meskipun semua jembatan sungainya telah hancur.

"Situasinya sulit tetapi stabil," katanya kepada televisi Ukraina, melansir Reuters 16 Juni.

"Rute pelarian berbahaya, tetapi ada beberapa," sambungnya, tanpa mengacu pada ultimatum Rusia.

Terpisah, Moskow mengatakan telah membuka koridor kemanusiaan dari Azot pada Hari Rabu, untuk memungkinkan warga sipil melarikan diri ke wilayah yang dikuasai Rusia. Ia menuduh pasukan Ukraina mengganggu rencana itu dan menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia, yang dibantah Kyiv.

"Tidak ada halangan bagi warga sipil untuk pergi, kecuali keputusan prinsip dari otoritas Kyiv sendiri," ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan. Reuters tidak dapat memverifikasi klaim itu.

Sementara itu, Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Lugansk yang terdiri dari Sievierodonetsk, mengatakan tentara Ukraina mempertahankan kota itu dan berusaha menghentikan pasukan Rusia untuk merebut kota kembarnya Lysychansk di tepi seberang sungai Siverskyi Donets. Reuters tidak dapat segera memverifikasi akun medan perang.

Diketahui, Lugansk adalah salah satu dari dua provinsi timur yang diklaim Moskow atas nama proksi separatis. Bersama-sama mereka membentuk Donbas, kawasan industri tempat Rusia memfokuskan serangannya setelah gagal merebut ibu kota Ukraina, Kyiv, pada Maret.

Diberitakan sebelumnya, pertempuran untuk Sievierodonetsk di Lugansk, sebuah kota berpenduduk hampir 100.000 orang sebelum perang, sekarang menjadi pertarungan terbesar di Ukraina karena konflik tersebut telah menjadi perang gesekan.

Ukraina masih berusaha untuk mengevakuasi warga sipil setelah pasukan Rusia menghancurkan jembatan terakhir ke kota. Pertempuran telah berpindah tangan beberapa kali selama beberapa minggu terakhir, dan pejabat Ukraina telah memberikan sedikit indikasi bahwa mereka akan mundur.

"Kita harus tetap kuat. Semakin banyak kerugian yang diderita musuh, semakin sedikit kekuatan yang harus dimiliki untuk mengejar agresinya," kata Presiden Volodymyr Zelensky

Ukraina masih memegang Lysychansk, kota kembar Sievierodonetsk di tempat yang lebih tinggi di tepi barat sungai Siverskyi Donets. Tetapi, dengan semua jembatan sekarang terputus, pasukannya mengakui adanya ancaman bahwa mereka dapat dikepung.

Meski demikian, Kyiv mengatakan 100-200 tentaranya tewas setiap hari, dengan ratusan lainnya terluka.