5 Hari di AS, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Bertolak Kembali ke Indonesia
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bertolak kembali ke Indonesia (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bertolak menuju Tanah Air setelah melakukan kunjungan kerja selama lima hari di Amerika Serikat, Minggu (Sabtu waktu AS).

Dikutip dari Antara, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Militer Andrews, Washington DC Sabtu, pukul 17.38 waktu setempat.

Ikut melepas Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di tangga pesawat adalah Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani beserta istri.

Presiden Jokowi dan rombongan direncanakan akan singgah di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada Minggu sore, 15 Mei 2022 waktu setempat untuk menyampaikan duka cita kepada pemerintah, masyarakat, dan keluarga atas wafatnya Yang Mulia Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan pada Jumat, 13 Mei 2022 yang lalu.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada Senin pagi, 16 Mei 2022.

Selama lima hari kunjungan, Presiden Jokowi telah menghadiri rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) dengan agenda pertemuan dengan anggota Kongres AS, pertemuan dengan para CEO perusahaan besar di AS, bertemu dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; serta pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden.

Presiden Jokowi juga mengikuti jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC.

Agenda terakhir Presiden Jokowi di AS adalah berkunjung ke pabrik produksi roket Space X di Boca Chica pada Sabtu kemarin dan berdiskusi bersama Elon Musk selaku pendiri Space X.