Vaksinasi <i>Booster</i> di Aceh Barat Terpaksa Berhenti, Stok Vaksin COVID-19 Kosong
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Antara)

Bagikan:

ACEH - Hingga hari ini Kamis 12 Mei, stok vaksin COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat kosong. Akibatnya vaksinasi dosis ketiga atau booster bagi masyarakat di daerah tersebut terhenti.

“Kosongnya stok vaksin di Aceh Barat karena banyaknya masyarakat yang melakukan vaksinasi sedangkan stoknya terbatas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah di Meulaboh, disitat dari Antara, Kamis 12 Mei.

Menurutnya, kekosongan vaksin tersebut saat ini sedang berupaya diatasi oleh pemerintah daerah, dengan cara menjemput kebutuhan vaksin ke Dinas Kesehatan Provinsi Aceh di Banda Aceh.

Syarifah Junaidah mengatakan penjemputan vaksin ke Ibu Kota Provinsi Aceh tersebut, guna mempercepat ketersediaan vaksin bagi masyarakat yang memerlukan penyuntikan vaksin untuk dosis kedua maupun ketiga.

Pihaknya menargetkan stok vaksin COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat akan kembali tersedia pada Jumat 13 Mei, setelah vaksin tersebut tiba di daerah.

Ia juga menjelaskan sasaran masyarakat yang ditargetkan mendapatkan vaksinasi di Kabupaten Aceh Barat saat ini mencapai 155.150 jiwa.

Sedangkan masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama sebanyak 148.364 orang atau sebanyak 95,63 persen, dosis kedua sebanyak 122.531 orang atau sebanyak 78,98 persen, serta dosis ketiga saat ini sudah berada di angka 30.780 orang atau sebesar 19,84 persen.