Apa yang Dilakukan Kota Singkawang Sehingga Kembali Raih Predikat Kota Paling Toleran?
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie

Bagikan:

JAKARTA - Kota Singkawang, Kalimantan Barat, kembali meraih predikat pertama Kota Tertoleran se-Indonesia tahun 2021. Setidaknya berdasarkan indeks penilaian yang dilakukan Setara Institute dengan perolehan nilai 6,483.

"Atas nama Pemkot dan masyarakat Kota Singkawang, saya mengucapkan terima kasih kepada Setara Institute yang sudah mengadakan kegiatan pemberian penghargaan ini," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Singkawang, Kamis 31 Maret dikutip dari Antara.

Penyerahan piagam penghargaan langsung diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam.Negeri, Suhajar Diantoro kepadanya di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, keberhasilan untuk meraih predikat kota tertoleran tentunya tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak seperti Forkopimda, jajaran Pemkot, steakholder dan seluruh masyarakat Kota Singkawang dalam menjaga toleransi yang sudah terbangun dengan baik di Singkawang.

"Ini berkat kerja keras kami sehingga bisa meningkatkan predikat dari peringkat dua menjadi pertama se-Indonesia," tuturnya.

Dari toleransi, tentunya dapat menciptakan kehidupan masyarakat menjadi harmonis sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa Indonesia yakni Bapak Ir. Soekarno.

Menurutnya, Kota Singkawang adalah kota yang multi etnis. Singkawang memiliki sebanyak 17 paguyuban dan Singkawang adalah miniaturnya Indonesia.

"Sesuai dengan visi misi Pemkot Singkawang, saya bersama Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan berkomitmen untuk mewujudkan Singkawang Hebat," katanya.

Di dalam visi misi tersebut, ada komitmen dirinya untuk mewujudkan Kota Singkawang yang harmonis antar etnis, suku dan agama.

"Kita harus menjaga itu, karena toleransi merupakan pengamalan Pancasila, sehingga dengan adanya toleransi maka akan tercipta persatuan dan kesatuan NKRI," jelasnya.

Jika, seluruh daerah khususnya di Indonesia bisa menjaga toleransi, dia yakin dan percaya Indonesia akan menjadi negara yang tangguh, maju dan bisa mengalahkan negara-negara yang besar.