4 Tips Meningkatkan Konsentrasi dengan Baik
Ilustrasi (No Revisions/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Fokus atau konsentrasi adalah hal yang penting, salah satunya dalam dunia kerja. Berbagai hal yang harus diselesaikan menuntut konsentrasi agar bisa terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Ada tips meningkatkan konsentrasi yang bisa dilakukan.

Beberapa orang merasa kesulitan untuk fokus. Namun, jangan khawatir! Ini merupakan kemampuan yang bisa dipelajari dan diasah. Dikutip VOI dari Mayoclinic, berikut ini beberapa cara untuk menigkatkan konsentrasi. 

Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan Baik

Kurangi distraksi

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah mematikan TV, meletakkan ponsel, dan keluar dari akun email atau akun media sosial. Tidak yakin langkah tersebut bisa membantu? Coba hilangkan screen time yang tidak penting selama dua hari dan lihat berapa banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan.

Merencanakan hari

Apakah Anda tipe orang yang bangun pagi? Jika iya, jangan sia-siakan waktu Anda untuk membaca berbagai hal tidak penting di media sosial. Gunakan waktu tersebut untuk menangani pekerjaan yang butuh konsentrasi penuh. Saat sore hari, sempatkan waktu memeriksa dan membalas chat yang masuk.

Tulis semua ide di kertas

Terlalu banyak hal yang perlu diingat membuat pikiran menjadi kacau. Semua urusan yang belum selesai tersebut bisa menguras energi mental Anda. Tulis apa pun yang ada di pikiran pada secarik kertas atau rekam secara digital. Ini membuat pikiran Anda lebih ringan dan mengurangi beban otak.

Latih otak Anda

Keterampilan yang berharga butuh latihan, tak terkecuali konsentrasi. Investasikan waktu untuk menguasai ragam latihan fokus, mindfulness, atau jenis meditasi lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk berlatih menghalau gangguan dan meningkatkan fokus.