Rusia Ingatkan Media Lokal yang Kritisi Pemerintah dalam Peliputan Perang Lawan Ukraina
Seorang anak perempuan membawa papan bergambar saat unjuk rasa dekat Museum Seni Modern dan Kedutaan Rusia, setelah Rusia meluncurkan operasi militer besar atas Ukraina, di Ljublana, Slovenia, Jumat (25/2/2022). (Foto: ANTARA/REUTERS/BORUT ZIVULOVIC)

Bagikan:

JAKARTA - Badan pengatur komunikasi Rusia menuduh 10 media lokal pada Sabtu secara salah menggambarkan apa yang disebut Rusia sebagai operasi militer khusus di Ukraina dan mendistribusikan informasi palsu tentang peristiwa di sana.

Di antara media-media yang dikirimi surat peringatan adalah Echo Moskvy, sebuah stasiun radio populer, dan Novaya Gazeta, sebuah surat kabar yang kritis terhadap pemerintah yang pemimpin redaksinya Dmitry Muratov dianugerahi hadiah Nobel Perdamaian tahun lalu.

Roskomnadzor, badan pengatur itu, memerintahkan media untuk menghapus informasi yang menyerang pemerintah atau menghadapi pembatasan akses ke laman dan sumber daya media mereka.

Rusia meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina pekan lalu, dan mengatakan pihaknya perlu melucuti kekuatan militer tetangganya.