COVID-19 Varian Omicron Meningkat, Jokowi: Yang Bisa <i>Work From Home</i>, Lakukanlah Kerja dari Rumah
ILUSTRASI DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat kembali mengurangi kegiatan mereka di pusat keramaian. Permintaan ini disampaikan menyusul adanya tren kenaikan kasus COVID-19 akibat varian Omicron.

"Jika bapak, ibu, saudara-saudara tidak memiliki keperluan mendesak sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat keramaian," kata Jokowi dalam keterangan video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 18 Januari.

Sementara bagi para pegawai, Jokowi minta mereka untuk bekerja di rumah demi mencegah penularan COVID-19.

"Untuk mereka yang bisa bekerja dari rumah, work form home lakukanlah kerja dari rumah," tegas eks Gubernurnur DKI Jakarta tersebut.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan semua pihak tanpa terkecuali untuk tidak berpergian ke luar negeri bila tidak ada kepentingan mendesak.

"Saya juga meminta untuk tidak berpergian ke luar negeri jika tidak ada urusan yang penting dan mendesak," ujarnya.

Jokowi mengingatkan semua pihak untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Selain itu ditekankan pentingnya masyarakat segera divaksin demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Yang belum mendapatkan vaksin segera divaksin, yang sudah mendapat vaksin pertama segera vaksin untuk yang kedua. Yang sudah dua kali vaksin segera cari vaksin ketiga, vaksin booster," kata Jokowi.

"Semuanya (vaksin, red) gratis karena vaksinasi penting demi keselamatan kita semua," tuturnya.