Pria Tendang Sesajen di Gunung Semeru Diburu Polisi, Polda Jatim: Lumajang Jangan Sampai Dirusak, Kita Harus Hormati Kearifan Lokal
Kondisi permukiman di dekat Gunung Semeru Lumajang Jatim/DOK ANTARA

Bagikan:

SURABAYA - Polda Jawa Timur membentuk tim untuk mengejar seorang pria yang menendang sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang.

"Kami sudah membentuk tim untuk melakukan pencarian pelaku," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko di Surabaya, Senin, 10 Januari. 

Dia mengatakan pihaknya kini melakukan pencarian dan monitoring media sosial yang menaikkan video tersebut.

Terkait identitas pelaku yang diduga relawan itu apakah asli warga setempat atau pendatang, Kombes Gatot belum bisa menjelaskan rinci.

Ia mengimbau masyarakat maupun relawan agar menjaga kondusivitas di sekitar area bencana, termasuk Gunung Semeru.

"Karena selama ini Lumajang sudah mulai damai, mulai aman, dan mulai bagus. Jangan sampai dirusak dengan adanya video-video yang mengandung SARA dan kita harus menghormati kearifan lokal daerah situ," ucap dia.

Sementara itu, putri sulung Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid, Alissa Wahid di Twitternya @AlissaWahid mencuitkan, "mempersilakan kalau ada masyarakat yang yakin dengan sesajen itu tidak boleh. Tapi, memaksakan keyakinan tersebut kepada yang meyakini itu tidak boleh."

"Repot memang ketemu yang model-model begini. Susah banget memahami bahwa dunia bukan milik kelompoknya saja," cuitnya.

Sebelumnya, video seorang memakai rompi hitam memaki pemakaian sesajen di kawasan Gunung Semeru. Dalam video tersebut, ia membuang sesajen di depannya, bahkan ada yang ditendang oleh pria tersebut.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengaku kecewa dengan ulah pria yang menendang sesaji di Gunung Semeru dan viral di media sosial.

Menurut dia, pria tersebut bukan mengurus tugasnya dan malah melanggar nilai-nilai yang ada di masyarakat lokal sekitar Gunung Semeru.

"Apa pun motifnya, tentu saya kecewa. Itu melanggar tata nilai yang kami hidup berdampingan bersama dengan seluruh agama, seluruh suku di Lumajang" ucap Cak Thoriq, sapaan akrabnya.