Jangan Sampai Kecolongan COVID-19 Omicron, DPR Ingatkan Pemerintah Perketat Pintu Masuk Internasional
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR, Nurhadi, mengingatkan pemerintah untuk memperketat aturan penjagaan pintu masuk internasional agar COVID-19 varian Omicron tak masuk ke Indonesia. Dia menegaskan, jangan sampai pemerintah kebobolan seperti varian Delta yang membuat Indonesia kelimpungan.

"Penjagaan di pintu-pintu masuk negara kita harus kembali diperkuat. Jangan sampai kita kecolongan oleh COVID-19 varian Omicron," ujar Nurhadi, Kamis, 2 Desember.

Diketahui saat ini, penyebaran varian Omicron sudah menjalar ke berbagai negara di Afrika seperti Angola, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Namibia, Eswatini, Lesotho, Afrika Selatan, Botswana dan Nigeria. Bahkan varian itu sudah muncul di Asia, Eropa, bahkan ke Brazil. Terbaru, Omicron sudah terdeteksi di Inggris, Swiss, Brazil Australia dan Jepang hingga Korea Selatan.

Politikus NasDem itu mengaku mendukung upaya pemerintah yang membatasi aktivitas masyarakat pada saat libur Natal dan tahun baru guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut. 

Dia mengimbau, semua pihak agar memberlakukan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti memakai masker, mencuci tangan hingga menjauhi kerumunan.

"Ancaman COVID-19 belum selesai, kita harus tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan sampai muncul gelombang baru di Indonesia," tegas Nurhadi.

Seiring hal itu, Legislator dapil Jawa Timur ini berharap, pemerintah juga meningkatkan pemerataan fasilitas kesehatan di daerah-daerah.

"Jangan sampai ada satu daerah pun yang tertinggal fasilitas kesehatannya, karena ke depan kita tidak pernah tahu ancaman kesehatan apalagi yang akan muncul,”kata Nurhadi.