6 Tips Mengatasi Batuk Tanpa Obat
Ilustrasi cara mengatasi batuk tanpa obat (Unsplash/Towfiqu Bharbuiya)

Bagikan:

ACEH - Batuk adalah gangguan kesehatan yang mengganggu. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengobatinya tentu adalah konsumsi obat. Namun, ada cara mengatasi batuk tanpa obat.

Ini cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak ketergantungan kepada obat kimia. Namun, Anda perlu tahu penyebab batuk tersebut terlebih dahulu. Jika batuk Anda disebabkan oleh alergi, infeksi, dan refluks asam, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal dan hal-hal sederhana yang ada di rumah.

Namun, Anda disarankan memeriksakan diri ke dokter jika batuk berlangsung dalam waktu yang lama atau berulang, diikuti sesak napas, keluar darah atau lendir berwarna hijau kekuningan, suara mengi, dan mengalami demam atau sakit kepala. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk tanpa konsumsi obat.

Cara Mengatasi Batuk Tanpa Obat Kimia

1. Minum madu

Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2021, madu dengan dekstrometorfan merupakan penekan batuk yang umum diminum. Para peneliti menemukan bahwa madu lebih unggul dari perawatan biasa, baik dalam menekan batuk hingga membantu mencegah kebutuhan akan antibiotik. Dikutip VOI dari Medical News Today, sesendok matu atau menambahkan dalam minuman panas dapat membantu meredakan batuk.

2. Konsumsi jahe

Selain diseduh menjadi minuman, Anda bisa membuat sup dengan tambahan jahe. Jahe telah lama diteliti dan hasilnya dicatat oleh peneliti bahwa jahe bisa jadi solusi alami untuk batuk. Para peneliti menemukan bahwa jahe, bersama dengan obat lain, termasuk madu, telah dipercaya sebagai obat tradisional sejak berabad lalu.

3. Minum air hangat

Pada penelitian yang dilakukan secara terbatas, studi tahun 2008 menunjukkan bahwa minum air hangat atau pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin-bersin. Sedangkan pada orang dengan gejala pilek atau flu, dapat mengambil manfaat dari minum air hangat untuk meredakan gejala. Nah, minuman hangat banyak sekali alternatifnya, seperti kaldu bening, teh herbal, teh hitam, dan jus buah hangat.

4. Memanfaatkan uap

Batuk basah, atau yang mengeluarkan lendir dan dahak, dapat membaik dengan uap. Untuk mencoba metode ini, Anda perlu mandi air hangat dan membiarkan kamar mandi terisi uap. Lakukan selama beberapa menit sampai batuk-batuk mereda. Setelah itu, bisa minum segelas air untuk mencegah dehidrasi.

Bisa juga memanfaatkan uap dari mangkuk besar berisi air panas. Dengan cara ini, Anda bisa menambahkan minyak esensial, seperti kayu putih atau rosemary. Cara ini bisa membantu mengurangi gejala batuk.

5. Kumur air asin

Banyak orang melakukan cara ini untuk meringankan sakit tenggorokan dan gejala yang berhubungan dengan flu biasa. Dengan berkumur air asin, tenggorokan yang penuh lendir terasa lebih longgar dan rasa sakitnya berkurang. Tetapi berkumur air asin tidak efektif dalam membutuh virus penyebab batuk.

6. Makan nanas yang kaya bromelain

Bromelain merupakan enzim yang berasal dari nanas dan paling banyak pada inti buah. Enzim ini bersifat sebagai anti-inflamasi dan mungkin juga bersifat mukolitik, yang dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tanpa Obat, 6 Cara Ini Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Batuk.

Selain mengatasi batuk tanpa obat, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.