Cara Mengatur Waktu Makan dengan Tepat untuk Jaga Kesehatan
Ilustrasi (Fauxels/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Waktu makan yang benar adalah salah satu persoalan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang. Belum lagi untuk menjaga waktu makan yang benar itu. Lalu, kapan dan bagaimana cara mengatur waktu makan secara tepat?

Beberapa studi menemukan, waktu makan berefek terhadap kesehatan tubuh. Suatu studi menyebutkan, waktu makan akan berpengaruh terhadap jam sirkadian atau ritme tubuh bekerja, termasuk organ. Anda disarankan memiliki waktu makan yang konsisten atau tepat waktu pada jam makan yang sama setiap hari.

Secara umum, waktu makan dibagi menjadi waktu, yaitu makan pagi atau sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk bisa menemukan waktu yang tepat dan menjaga konsistensi waktu pelaksanaan tiga jenis makan itu, berikut ini VOI sampaikan beberapa tipsnya.

Cara Mengatur Waktu Makan secara Tepat

Coba makan lebih awal

Makan lebih awal memberikan manfaat untuk kesehatan. Maka itu cobalah untuk mengawali hari dengan sarapan dan hindari makan malam terlalu larut. Banyak sekali di antara kita yang melewatkan sarapan yang sebenarnya menjadi sumber energi untuk melakukan aktivitas.

Bahkan Manfaat dari Sarapan pagi juga dapat membantu menekan hawa nafsu makan pada siang hari agar tidak berlebihan dalam 1 porsi makan siang.

Batasi jarak setiap kali makan

Cobalah memberi jeda sekitar enam jam pada setiap kali waktu makan. Sebab, suatu penelitian menyarankan bahwa untuk makan dalam kurun waktu 12 jam dalam sehari. Selain itu, tak lupa berikan tubuh asupan serat dan vitamin dari sayuran serta buah-buahan yang penting untuk memperlancar pencernaan dan mendukung daya tahan tubuh.

Rutin makan secara teratur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makan teratur dengan waktu yang konsisten dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya agar ritme sirkadian organ dalam tubuh dapat bekerja lebih optimal.