Mengenal Manfaat Memancing untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi manfaat hobi memancing (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Kesejahteraan emosional atau kesehatan mental bisa ditingkatkan dengan menghabiskan banyak waktu di alam terbuka. Beberapa penelitian juga menunjukkan, untuk bisa mendapatkan mental yang lebih sehat, seseorang perlu menghirup udara segar, istirahat sejenak dari aktivitas pekerjaan. Alam terbuka dan menghirup udara segar, apakah ada manfaat memancing untuk kesehatan mental?

Manfaat Memancing untuk Kesehatan Mental

Dikutip VOI dari National Alliance of Mental Illness, Kenneth Reaves yang merupakan nelayan profesional disebut selama lebih dari dua dekade mendapatkan beberapa manfaat dari memancing yang berhubungan dengan kesehatan mental di masa lalu. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik, hobi memancing juga memberikan ruang yang tenang untuk melakukan refleksi, mengajarkan ketahanan, dan membangun komunitas. Tak hanya itu, Reaves menemukan harga diri saat mengatasi tangkapan yang menantang dan dukungan dari bertemu dengan nelayan yang berpikiran serupa.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Psychiatry Vol. 5 bulan September 2018, menunjukkan bahwa aktivitas fisik dan peningkatan kesehatan fisik, berdampak positif secara langsung terhadap suasana hati dan kesejahteraan umum.

Anda mungkin pernah mendengar manfaat dari berkemah, traveling, dan olahraga, bukan? Orang-orang yang menekuni hobi tersebut mengelola tantangan kesehatan mental melalui aktivitas yang mereka sukai. Memancing memberikan hasil yang sama. Alih-alih menghabiskan waktu dengan rebahan dan di depan layar seharian, lebih baik beraktivitas fisik sesuai yang Anda senangi.

Memancing, bisa dianggap sebagai aktivitas meditatif. Dimana dapat mengatur napas, fokus, dan membaca situasi sekitar, air tentu saja, untuk memusatkan pikiran.

Memerangi Rasa Cemas dalam Diri

Berdasarkan pengalamannya, Reaves mengatakan bahwa memancing bisa menjadi cara untuk merawat diri dan memerangi rasa cemas. Apalagi ketika rutinitas yang stagnan setiap hari. Maka memancing secara konsisten atau membuatnya sebagai salah satu daftar self-care, bisa berkemungkinan menjadi cara untuk mental lebih sehat.

Aspek lain yang diperoleh ketika menjalani hobi, salah satunya memancing, ialah citra diri lebih positif dan kepercayaan diri yang baik. Keterampilan juga akan bertambah seiring berjalannya waktu. Terutama ketika Anda menantang diri untuk melakukan hobi secara serius. Tak hanya bermanfaat secara mental, tetapi menjalani hobi juga membangun komunitas yang memperkuat jejaring sosial.

Apakah Anda memiliki hobi ini juga yang kerap dilakukan pada akhir pekan atau musim liburan? Jika ya, artinya Anda berkesempatan mendapatkan banyak manfaat dari hobi Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Manfaat Hobi Memancing untuk Kesehatan Mental, Sudah Tahu?

Selain manfaat memancing untuk kesehatan mental, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.