5 Hal Penting dalam Membaca Kepribadian dari Tanda Tangan
Ilustrasi membaca kepribadian dari tanda tangan (Unsplash/DocuSign)

Bagikan:

ACEH - Kepribadian adalah hal yang rumit untuk dibaca secara jelas. Namun, tetap saja ada banyak jalan yang dipercaya bisa digunakan untuk membaca kepribadian seseorang, seperti zodiak, hari kelahiran, shio, bentuk alis, bentuk bibir, dan tanda tangan. Membaca kepribadian dari tanda tangan merupakan salah satu cara yang menjadi perhatian.

Menurut Vanessa Van Edwards, penulis buku Captivate: The Science of Succeeding People, ada beberapa penelitian yang membahas soal tanda tangan dan kepribadian si pemilik. Dia mengatakan, terdapat 5 hal dalam tanda tangan yang bisa diperhatikan terkait kepribadian.

Cara Membaca Kepribadian dari Tanda Tangan

1. Sudut atau angle

Tanda tangan dengan sudut menukik atau naik menggambarkan ambisi, optmisme, kreativitas, dan vitalitas. Jika ada orang yang memiliki tanda tangan dengan sudut naik, bisa jadi itu menggambarkan empat hal tersebut.

Jika garis dan angle tanda tangan menurun, itu menjadi tanda dari sikap skeptis dan pesimis. Sementara, sudut tanda tangan lurus bisa menjadi tanda dari keseimbangan dan kontrol. Garis angle ini akan terlihat terutama pada kertas bergaris.

2. Ukuran

Dikutip VOI dari Science of People, sebuah studi menunjukkan bahwa setelah menganalisis 500 tanda tangan kepala petugas keuangan menemukan bahwa tanda tangan ukuran yang lebih besar cenderung membengkokkan kebenaran.

Mereka lebih cenderung salah melaporkan pendapatan perusahaan atau melonggarkan kontrol internal. Dr Charles Ham, salah satu penulis dalam studi tersebut mengatakan bahwa penelitian ini menetapkan hubungan antara ukuran tanda tangan dan narsisme.

Ukuran tanda tangan juga berhubungan dengan kepercayaan diri. Semakin besar ukurannya, semakin percaya diri.

3. Keterbacaan

Bagian awal dan keterbacaan goresan bisa menggambarkan kepercayaan diri dan keseimbangan. Semakin tak terbaca, semakin seseorang tidak mau terjebak dengan detail dan cenderung berpikir cepat.

4. Memakai inisial

Tanda tangan berbentuk inisial atau bagian depan dari nama, menurut ahli merupakan tanda efisiensi. Jika hurufnya besar dan tulisan nama panggilan saja, menunjukkan sifat yang independen.

5. Ornamen

Ornamen atau hiasan bisa ditambahkan pada tanda tangan, bentuknya bisa titik, garis, bentuk hati, lingkaran, dan lainnya. Menurut ahli, jika menambahkan ornament garis panjang di akhir tanda tangannya menandai tekad, dorongan, dan ketekunan.

Titik pada akhir tanda tangan menandari rasa diri yang kuat dan keseriusan.

Berdasarkan penelitian para ahli grafologi, semakin banyak ornamen maka semakin rumit orangnya. Sedangkan semakin sederhana tanda tangannya maka semakin lugas orang tersebut.