Antrean Jemaah Calon Haji Aceh Tinggi, DPRA Desak Pemerintah Aceh Melobi Arab Saudi
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Teuku Raja Keumangan. (ANTARA)

Bagikan:

ACEH - Beberapa waktu lalu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Teuku Raja Keumangan, mendesak pemerintah Aceh serta instansi terkait lain agar segera melobi Raja Arab Saudi. Tujuan dari hal tersebut agar kuota jemaah calon haji (JCH) asal Aceh yang saat ini antre berangkat hingga 31 tahun ke depan bisa ditambah.

"Ini merupakan persoalan serius yang harus segera diatasi pemerintah Aceh, agar JCH asal Aceh tidak terlalu lama menunggu untuk bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci,” terang Teuku Raja Keumangan, Minggu, 9 Januari, dikutip VOI dari Antara.

Melobi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi Demi Jemaah Calon Haji Aceh

Dia mengatakan, hingga awal tahun 2022 total JCH asal Aceh yang telah mendaftar dan mendapatkan porsi haji dari pemerintah melalui Kementerian Agama mencapai 129.119 orang. Dengan banyaknya antrean JCH, lanjutnya, dipastikan masa menjadi 31 tahun sejak saat ini.
 
Teuku Raja Keumangan juga mengatakan bahwa total jemaah haji asal Aceh yang diberangkatkan selama ini mencapai 4.359 orang per tahun, berasal dari 23 kabupaten/kota di Aceh.
 
Oleh sebab itu, dia berharap agar pemerintah Aceh bersama-sama dengan DPRA harus segera membahas persoalan tersebut agar masyarakat Aceh yang ingin berangkat ke Tanah Suci tidak lagi harus menunggu lama.
 
“Kami siap bersama-sama pemerintah Aceh melobi pemerintah Kerajaan Arab Saudi, agar Aceh mendapatkan prioritas penambahan JCH. Apalagi selama ini hubungan Aceh dengan Arab Saudi sangat dekat sekali,” terangTeuku Raja Keumangan menambahkan.

Animo Masyarakat Tinggi

Meski banyaknya jemaah calon haji yang masuk dalam daftar tunggu, namun animo masyarakat muslim di Aceh termasuk di Aceh Barat untuk mendaftarkan diri sebagai calon jemaah di jalur reguler masih sangat tinggi setiap tahunnya.
 
Berdasarkan catatan Kementerian Agama di Aceh, setiap tahunnya sejak tahun 2017 hingga tahun 2021 sebanyak 2.706 warga di Aceh Barat telah mendaftarkan diri menjadi jemaah calon haji.
 
 
Selain jemaah calon haji Aceh, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh