5 Tips Menjaga Semangat dan Energi Ketika Sering Menguap
Ilustrasi cara menjaga semangat kerja dan energi (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Menguap saat bekerja setelah liburan mungkin disebabkan oleh lelah dengan rutinitas atau siklus alami. Tips menjaga semangat dan energi Anda butuhkan. Matthew Ebben, profesor psikologi dan neurologi klinis serta pakar tidur, menjelaskan persoalan tersebut secara terperinci. 

Diktuip VOI dari NBC News, Ebben menjelaskan bahwa saat badan Anda kurang bersemangat dan menguap pada pertengahan sore, sebenarnya bukan akibat kelelahan, tetapi penurunan ritme sirkadian. Penurunan ritme sirkadian memiliki peran mengatur tidur dan siklus bangun Anda. Sebagian besar orang mengalami penurunan ritme sirkadian saat sore hari. Ini tergantung waktu yang digunakan untuk tidur dan bangun.

Jika Anda menguap terus menjelang tengah hari, bisa jadi karena ritme ini. Ritme ini juga kerap mendorong cara adaptif dengan menyesap secangkir kopi dan nyemil makanan manis. Namun, ahli menyarankan tips yang lebih baik untuk meningkatkan semangat Anda dengan langkah berikut.

Tips Menjaga Semangat dan Energi Saat Menguat di Tengah Pekerjaan 

1. Olahraga ringan sebelum beranjak dari tempat tidur

Studi menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan kognisi dan melepaskan endorfin. Ini juga dikenal sebagai cara untuk meningkatkan suasana hati dan energi Anda. Jika ingin bangun dari tempat tidur, lakukan beberapa gerakan olahraga ringan selama 3 menit, misalnya gerakan bupee.

2. Makan makanan mengandung protein

Meskipun tergoda untuk minum kopi, tetapi penelitian menunjukkan bahwa makan makanan mengandung protein dapat sedikit meningkatkan kekuatan otak. Makanan yang mengandung protein juga membantu kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat makan camilan manis.

3. Bangun dari kursi

Untuk menjaga semangat dan energi untuk beraktivitas sepanjang hari, pastikan memanfaatkan waktu istirahat dan jangan meninggalkan olahraga. Direktur pelatihan klinis di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Peg Baim, MS., NP., mengatakan bahwa dalam melawan kelelahan, olahraga adalah kuncinya. Atur waktu untuk olahraga setidaknya 4 jam sebelum tidur dan lakukan 30 menit sebanyak 5 kali seminggu.

4. Kombinasikan camilan protein dan karbohidrat

Hasrat nyemil makanan manis kerap jadi alasan supaya mendapat dorongan semangat. Tetapi ini tak akan baik pada gula darah Anda. Untuk menjaga tingkat energi dan suasana hati tetap seimbang, pilih camilan kombinasi antara protein dan karbohidrat. Misalnya buah dengan yoghurt atau kacang-kacangan dengan buah-buahan.

5. Berpikiran positif

Stres adalah penyebab umum kelelahan, kata Baim. Jika Anda tak punya waktu 90 menit untuk mengikuti kelas yoga, cobalah untuk berpikiran positif terutama pada malam hari menjelang tidur. Terang Baim, jangan sampai dipayungi perasaan mellow di malam hari atau 2-3 jam sebelum tidur.

“Semua pikiran negatif mengaktifkan respons stres otak dan akan mempersulit Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Alih-alih khawatir, fokuslah pada ikiran positif seperti harapan dan apresiasi positif,” tutur Baim.

Ia juga merekomendasikan meditasi sebagai cara untuk tetap berpikiran positif. Ketika tidur tepat waktu, suasana hati, energi, metabolisme, dan toleransi stres semakin meningkat. Efeknya, keesokan harinya cukup membantu Anda tetap bersemangat dan berenergi menjalani rutinitas.