Menilik Harta Kekayaan Fantastis Jenderal Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI
Jenderal TNI Andika Perkasa (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH – Setelah surat presiden (surpres) diserahkan kepada DPR, terungkaplah bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal panglima TNI. Andika diajukan untuk menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Jenderal Andika nantinya akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dari DPR. Ini dilakukan sebelum Andika diangkat menjadi Panglima TNI.

Diketahui, Jenderal Andika telah menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelum menghadap parlemen.

Harta Kekayaan Calon Panglima TNI

Mengutip informasi yang dirilis oleh situs e-LHKPN pada Rabu, 3 November, diketahui bahwa Andika memiliki total kekayaan Rp179,9 miliar. Angka tersebut merupakan akumulasi dari kas setara kas sebesar Rp126,9 miliar.

Lalu, 20 unit bangunan senilai Rp38,1 miliar. Menariknya, beberapa properti kepunyaan Jenderal Andika yang berlokasi di luar negeri.

Tercatat, satu bangunan senilai 1,5 miliar di New South Wales Australia, tanah beserta bangunan seluas 2.223 meter persegi di Cadbury  Amerika Serikat dengan taksiran harga Rp4,5 miliar.

Kemudian, tanah di Cedar Croft Lane Bethesda dan di Court Potomac MD 20854 Amerika Serikat dengan nilai masing-masing Rp5 miliar dan Rp5,5 miliar.

Dalam dokumen itu dikatakan bahwa asal keempat aset properti di mancanegara itu didapatkan melalui skema hibah tanpa akta.

Selanjutnya, jenderal bertubuh kekar ini juga memiliki kendaraan transportasi senilai Rp2,6 miliar, harta bergerak lain senilai Rp10,1 miliar, dan surat berharga senilai Rp2,1 miliar.

Perlu diketahui, aset berlimpah yang dimiliki oleh calon panglima TNI ini tergolong fantastis jika dibandingkan dengan sejawatnya.

Dari sumber yang sama, redaksi mendapati kekayaan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebesar Rp11 miliar. Begitu juga dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsma TNI Fadjar Prasetyo yang berharta Rp12 miliar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Calon Tunggal Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Berharta Rp179 Miliar yang Melek Investasi, Punya Aset di Australia Hingga Amerika Serikat.

Selain calon panglima TNI, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!